Menu
Senin - Kamis 07.30 - 16.00 | Jumat 07.30 - 11.00

Telepon

(0511) 6701091

Pokdarwis Ikuti Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata

31 Juli 2019 0 Comment


Dinas Kepemudaan, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Barito Kuala melalui Bidang Pariwisata menggelar Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata di Hotel Prima Batola Marabahan, Selasa tanggal 30 Juli 2019 sampai dengan Rabu 31 Juli 2019.

Kegiatan yang dijadwalkan selama 2 hari ini diikuti peserta sebanyak 40 orang yang terdiri dari perwakilan perangkat daerah dan pemerintah kecamatan, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), penggiat/komunitas pariwisata serta masyarakat sekitar objek wisata.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Budaya dan Pariwisata, Gusti Ruspandi, S.Pd, M.AP menjelaskan tujuan diadakannya pelatihan ini adalah sebagai upaya penguatan kapasitas sumber daya manusia pariwisata untuk mengelola, memberdayakan, melestarikan dan mengoptimalkan sumber daya pariwisata yang ada.

“Kegiatan ini memberikan pemahaman, keterampilan, pola pikir tingkah laku kepada masyarakat dalam konteks sapta pesona, aman tertib dan ada kenangan sehingga ada nuansa bahwa wisatawan yang berkunjung dalam kondisi kita menyiapkan mereka dalam konteks sapta pesona,” imbuh beliau.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kabid Pariwisata Rosida Watty S.Sos menerangkan Kegiatan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata ini bertujuan untuk memahami diversifikasi produk dan dasar kepariwisataan, mengetahui dan memahami pengembangan desa wisata berbasis masyarakat dan memahami tentang sapta pesona dan tugas pokok dari kelompok sadar wisata.

Kegiatan hari pertama diisi dengan paparan dari narasumber diantaranya yaitu Beben Eko Prabowo dari Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan mengenai Destinasi Wisata serta Promosi Digital, Amalia Rezeki dari Ketua Sahabat Bekantan Indonesia (SBI) mengenai Pengembangan Ekowisata Bekantan dan Teknik Branding Ekowisata, Drs. Mukhlis Maman selaku Pamong Budaya dari Taman Budaya Provinsi Kalsel mengenai Kesenian Daerah, Kasmudin, M.Pd dari Ketua Sanggar Permata Ije Jela mengenai Peran Masyarakat Dalam Pengembangan Pariwisata (membangun sanggar).

Hari kedua diisi dengan paparan oleh Helda dari Duta Wisata mengenai 3a (atraksi, aksesibilitas dan amenitas) dan Pentingnya Sadar Wisata. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan Orientasi Lapangan yaitu dengan wisata susur sungai mengunjungi Kampung Pelangi di Kelurahan Ulu Benteng, Sentra pembuatan kerupuk di Desa Lepasan Kecamatan Bakumpai, Keramba Apung di Desa Bagus Kecamatan Marabahan serta mengunjungi Kawasan Wisata Jembatan Rumpiang.

foto bersama peserta, panitia dan narasumber dari Sahabat bekantan Indonesia (SBI) Amalia Rezeki (foto disporbudpar)
foto bersama peserta dan panitia sebelum melaksanakan orientasi lapangan (foto disporbudpar)
foto bersama peserta dan panitia mengikuti orientasi lapangan susur sungai (foto disporbudpar)
Mengunjungi sentra pembuatan kerupuk di Desa Lepasan Kecamatan Bakumpai (foto disporbudpar)

(admin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *