PELATIHAN TATA KELOLA DESTINASI PARIWISATA

Dinas Kepemudaan, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Barito Kuala melaksanakan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata Senin, 21 September 2020. Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Barito Kuala Bapak Gusti Ruspandi, S.Pd, M.AP.

Menurut Plt. Kasi Usaha Promosi Wisata Disporbudpar Kab. Barito Kuala, Ibu Yulinda, S.STP bahwa kegiatan pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus Non Fisik dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Tahun 2020. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 21 s.d. 23 September 2020 jumlah 40 orang yang dibagi menjadi dua gelombang. Bertempat di Hotel Prima Batola Marabahan.

“Pembagian jumlah peserta menjadi dua ini dikarenakan kondisi pandemi covid-19 yang menganjurkan untuk tidak mengumpulkan masa dalam jumlah besar. Kegiatan inipun tetap dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan Pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, selalu menggunakan masker dan tetap menjaga jarak selama kegiatan berlangsung,” Ujar Yulinda.

Adapun narasumber yang memberikan materi dalam pelatihan ini adalah Kepala Disporbudpar Kabupaten Barito Kuala Bapak Gusti Ruspandi, S.Pd, M.AP, Camat Marabahan Bapak Eko Purnama Sakti, S.STP, M.AP, Ibu Amalia Rizki, S.Pd, M.AP seorang Dosen dan Duta Bekantan Kalimantan Selatan, dan Bapak Kasmudin, M.Pd seorang Pelaku Seni Budaya yang juga Ketua Sanggar Permata Ije Jela.

Selain menerima materi dari narasumber, peserta pelatihan juga  orientasi lapangan dengan melakukan wisata susur sungai Barito menggunakan Kapal Susur Sungai. Di sini peserta diajak untuk melihat langsung titik singgah perjalanan wisata Susur Sungai Barito yang ada di Marabahan yaitu Kubah KH. Abdussamad, Mesjid Agung Al-Anwar, Jembatan Rumpiang, Stock File Batubara, Kelurahan Lepasan sebagai Sentra Pembuatan Kerupuk dan Anyaman Purun.

Kegiatan ini ditutup secara resmi oleh Kepala Disporbudpar Kabupaten Barito Kuala yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Disporbudpar Kabupaten Barito Kuala Bapak H. Yanil Ilmi. Beliau menyampaikan semoga pelatihan ini dapat memberi manfaat bagi semua peserta untuk menunjang kemajuan pariwisata di Kabupaten Barito Kuala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *