PELAJAR BATOLA RAIH JUARA IMTAQ TINGKAT PROVINSI

Sebagai upaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT), Bidang Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalsel menggelar lomba khusus. Bertajuk Lomba Peningkatan Iman dan Taqwa antar Pelajar SMA/SMK se-Kalsel 2020. Berlokasi di Hotel G Sign Banjarmasin, lomba ini dilaksanakan pada 28-30 September 2020.

Kepala Dispora Kalsel, H Hermansyah berharap lewat ajang ini akan menambah kadar Imtaq (iman dan taqwa) di kalangan pelajar. “Dengan bekal iman dan taqwa yang kuat, diharapkan mereka jadi generasi terbaik buat masa depan Banua,”

Dengan kegiatan ini kita harapkan generasi muda khususnya para pelajar, selain memiliki kekuatan fisik yang prima dengan rajin berolahraga, mereka juga kuat mental beriman dan bertaqwa, sehingga menjadi generasi penerus yang bias membanggakan bagi Kalimantan Selatan,’’ pungkas Herman.

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kalsel, Heru Susmianto menuturkan ada lima lomba yang diadakan dalam ajang tersebut. “Lomba yang dipertandingkan adalah Syarhil Quran, Fahmil Quran, Tahfidz Juz Amma, cerita islami, dan adzan subuh,” sebut Heru.

Peserta lomba ini adalah para pelajar dari berbagai penjuru Kalsel. “Ada pelajar SMA/SMK dari sebelas Kabupaten/Kota yang berpartisipasi di ajang ini. Hanya dari Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) yang absen. Satu Kabupaten/Kota diwakili enam pelajar putera dan 6 pelajar puteri dan satu pendamping,” jelas Heru Susmianto.

Tim penilai yang dihadirkan oleh Dispora Kalsel adalah dari Kantor Kemenag Kalsel, para qori, dan akademisi Agama Islam,” tuntas Heru.

Kabupaten Barito Kuala mengirimkan 6 orang peserta yang berasal dari SMA GIBS dengan mengikuti 5 (lima) jenis lomba yaitu Lomba Syarhil Qur’an, Lomba Fahmil Qur’an, Lomba Hafalan Juz Amma (Tahfizh Qur’an), Lomba Bercerita Kisah Islami dan Lomba Adzan Subuh.

Untuk Lomba Fahmil Qur’an yang diwakili oleh Ahza Anaqi Zulkarnaen, Mufadhal Maulana Ramadhan dan Ferdi Aditya Wijaya meraih Juara I, Lomba Hafalan Juz Amma (Tahfizh Qur’an) yang diwakili oleh Ahza Anaqi Zulkarnaen meraih Juara I, serta untuk Lomba Syarhil Qur’an yang diwakili oleh Muhammad Anshar, Muhammad Zaini Ridho dan M. Maulana Gusnadi meraih Juara Harapan II.

Sebelumnya Kabid Pemuda Olahraga Dinas Kepemudaan Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Barito Kuala Hj. Titien Hariyati, S.STP, MM menuturkan Seleksi peserta lomba yang akan dikirim ke tingkat Provinsi tidak dapat dilaksanakan karena dana kegiatan terpangkas karena penanganan Covid -19 di Kabupaten Barito Kuala.

“Cara mengatasi adalah penunjukan langsung peserta lomba yang berasal dari SMA GIBS untuk mewakili Kabupaten Barito Kuala dan Alhamdulillah Anak-anak kita dapat meraih hasil yang membanggakan untuk Kabupaten Barito Kuala” pungkas Beliau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *