DIPROYEKSIKAN MENUNJANG KEMAJUAN PARIWISATA, DISPORBUDPAR KEMBALI GELAR PELATIHAN MANAJEMEN HOMESTAY

Kembali Dinas Kepemudaan, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Barito Kuala melaksanakan Pelatihan Bidang Pariwisata yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus Non Fisik dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Tahun 2020 yaitu Pelatihan Manajemen Home Stay. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 26 s.d. 28 Oktober 2020 jumlah 40 orang yang dibagi menjadi dua gelombang. Bertempat di Hotel Prima Batola Marabahan.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Barito Kuala yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Bapak H. Yanil Ilmi. Beliau juga berkesempatan langsung menjadi narasumber dalam kegiatan pelatihan ini. Selain Sekretaris Dinas, pelatihan ini juga menghadirkan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Bapak Gusti Ruspandi, S.Pd, M.Pd, Kepala Bidang Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan Ibu Ida Saptika Dewi dan Leader Hotel Prima Batola Bapak Arbayuddin sebagai narasumbernya.

(Plt) Kasi Usaha dan Promosi Wisata, Yulinda,SSTP menuturkan Pelatihan ini adalah pelatihan kedua yang dilaksanakan oleh Bidang Pariwisata Disporbudpar Kabupaten Barito Kuala dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan informasi kepada pelaku usaha bidang pariwisata di Kabupaten Barito Kuala dalam pengelolaan dan manajemen home stay. Pelatihan ini tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya penyebaran virus covid-19 di Kabupaten Barito Kuala. Jadi untuk menghindari keruman banyak orang, peserta dibagi menjadi dua gelombang dan  tetap harus menggunakan masker, selalu mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan menjaga jarak selama pelatihan berlangsung.

Selain menerima materi dari narasumber, peserta pelatihan juga  orientasi ke lapangan dengan melakukan survey lokasi Wisata Budidaya Madu Kelulut di Desa Antar Raya Kecamatan Marabahan. Lokasi ini dipilih karena desa ini dianggap berpotensi untuk dijadikan sebagai Desa Wisata di Kabupaten Barito Kuala.

“Selain itu kegiatan ini diharapkan juga dapat memberi manfaat bagi semua peserta untuk menunjang kemajuan pariwisata di Kabupaten Barito Kuala”, tambah Yulinda, SSTP.

Panitia, Narasumber dan Peserta Pelatihan Manajemen Homestay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *