PEMANDU WISATA DI BARITO KUALA DIBEKALI PELATIHAN DAN DAN KETERAMPILAN

Dinas Kepemudaan, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Barito Kuala melaksanakan Pelatihan Bidang Pariwisata kembali melaksanakan pelatihan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus Non Fisik dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Tahun 2020 yaitu Pelatihan Pemandu Wisata. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 9 s.d. 11 November 2020 jumlah 40 orang. Pelatihan ini dilaksanakan di Hotel Prima Batola Marabahan.

Pelatihan ini adalah pelatihan ketiga yang dilaksanakan oleh Bidang Pariwisata Disporbudpar Kabupaten Barito Kuala dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada pelaku usaha bidang pariwisata di Kabupaten Barito Kuala dalam pemanduan wisata di destinasi wisata. Pelatihan ini dilaksanakan dalam satu tahap pelaksanaan, namun tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya penyebaran virus covid-19 di Kabupaten Barito Kuala. Jadi semua peserta tetap harus menggunakan masker, selalu mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan menjaga jarak selama pelatihan berlangsung. Hal ini dipaparkan langsung oleh Plt. Kabid Bidang Pariwisata Bapak Drs. H. Yanil Ilmi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan para pemandu wisata dan pengelola destinasi wisata dalam pemanduan wisata, ujar Yanil.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Barito Kuala Bapak Gusti Ruspandi, S.Pd, M.AP yang juga berkesempatan langsung menjadi narasumber dalam kegiatan pelatihan ini. Selain Kadisporbudpar Barito Kuala, Pelatihan ini juga menghadirkan narasumber Kebudayaan dari Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan yaitu Drs. Mukhlis Maman, Kepala Bapelitbang Kabupaten Barito Kuala Bapak Ir. H. Zukifliyadi Noor, M.Si, Kasi Promosi Wisata Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan dan Ketua Himpunan Pramu Wisata Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan Bapak Guntur Mas.

Selama tiga hari peserta mendapatkan materi dan pengetahuan dari para narasumber dan juga berkesempatan melakukan orientasi langsung dilapangan sebagai pemandu wisata. Semua peserta dibagi dalam beberapa kelompok dan melakukan kegiatan presentasi pemanduan destinasi wisata yang ada di Barito Kuala. Kegiatan ini dilakukan di Open Space Taman Wisata Jempatan Rumpiang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *