TATAP AJANG POPDA 2021 di BANJARMASIN DAN BANJARBARU, DISPORBUDPAR GELAR SELEKSI POPDA 2021

Pemerintah Kabupaten Barito Kuala melalui Dinas Kepemudaan Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) tengah mempersiapkan atlet dengan menggelar seleksi untuk menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2021 yang akan dilaksanakan di Banjarmasin dan Banjarbaru 12 – 16 Juli mendatang. Seleksi sendiri dibuka langsung Bupati Batola Hj Noormiliyani AS di Lapangan 5 Desember Marabahan, Senin (07/06/2021).

Sedikitnya terdapat 100 pelajar SLTP dan SLTA se-Batola yang ambil bagian untuk mengikuti 12 cabang olahraga (cabor) seperti atletik, dayung, judo, renang, taekwondo, tinju, karate, gulat, voly pasir, kempo, panahan, dan termasuk 1 hanya eksibisi yaitu bridge. “Tujuan dilaksanakannya seleksi ini dalam rangka memperoleh atlet yang berkualitas, berprestasi, dan sesuai kriteria yang nantinya akan dikirim mewakili pelajar Batola pada kegiatan Popda Tingkat Provinsi Kalsel,” tutur Plt Kadisporbudpar Batola, H Wahyudie SH MH.

Bupati Batola Hj Noormiliyani AS sangat menyambut baik terselenggaranya kegiatan seleksi. Ia menyatakan, Popda dapat dijadikan sarana membangun generasi muda yang sehat jasmani dan rohani, berpengetahuan, terampil dan berdaya saing yang penuh spirit kompetensi. “Harapan kita semua melalui seleksi yang dilaksanakan ini mampu menggali, membina dan mengembangkan bibit-bibit atlet berbakat dari kalangan pelajar untuk menjaga kelangsungan dan upaya dalam mencetak generasi berprestasi dari Batola,” ucapnya.

Noormiliyani memberi apresiasi tinggi kepada para pelajar yang begitu antusias mengikuti seleksi. Ia berharap melalui keinginan serta semangat yang kuat mampu menjadi modal dasar untuk membuktikan keunggulan saat berlaga di ajang Popda Tingkat Provinsi Kalsel nantinya. Karenanya kepada seluruh peserta seleksi diharapkan benar-benar mempersiapkan diri secara maksimal, baik secara fisik maupun mental.“Sekarang saatnya bagi kalian untuk menunjukan bakat, potensi, dan kemampuan sesuai cabang olahraga yang digeluti,” paparnya.

Sementara kepada Disporbudpar selaku penyelenggara, khususnya panitia seleksi, Bupati minta untuk benar-benar melakukan seleksi secara benar dan ketat serta senantiasa berpegang pada standar penilaian maupun ketentuan yang berlaku, agar mereka yang terpilih benar-benar yang terbaik untuk dapat diandalkan dalam upaya meraih prestasi yang akan mengharumkan nama baik daerah.

Kepada para peserta seleksi sebelum meninggalkan lapangan 5 Desember Marabahan Bupati Batola Hj Noormiliyani AS berpesan “Berikan kemampuan terbaik kalian, buktikan kalian bisa berprestasi, harumkan nama Barito Kuala pada kancah provinsi. Namun jangan abaikan protokol kesehatan dalam prosesnya nanti”, tutur Bupati Pertama se Kalsel dan Ketua DPRD Provinsi Pertama se Indonesia itu.

“Tegakkan 5M : Memakai Masker, Mencuci Tangan di air mengalir, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas”, tutup istri Bupati Barito Kuala 2 periode H. Hasanuddin Murad tersebut.

Terpisah, Plt Kadisporbudpar H Wahyudie SH MH melalui Kasi Bina Olahraga Disporbudpar, Akhmad Rizali Hadi, menerangkan dari 12 cabor yang diikuti terdapat beberapa yang menjadi unggulan di antaranya dayung, gulat, karate, taekwondo, judo, dan atletik. Sementara target, Akhmad Rizali Hadi optimis, Batola mampu naik dari tahun lalu 6 besar menjadi 3 besar. “Insya Allah kita optimis, mengingat beberapa cabang unggulan diyakini mampu menyumbangkan prestasi di samping persiapan sudah cukup matang,” paparnya.

Ia menambahkan, persiapan yang telah dilakukan sejumlah cabor di antaranya ada yang sudah melaksanakan seleksi seperti dayung, judo, gulat, kempo, renang, dan tinju. Sedangkan sisanya mulai melaksanakan hari ini.

(sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *