“MILA” BOYONG SELEMPANG PUTERI FAVORIT

Gelaran Pemilihan Putri Pariwisata Kalimantan Selatan 2021 telah selesai. Acara ini di awali dari pendaftaran dan audisi di Kabupaten/ Kota pada tanggal 26 Maret s.d. 26 Mei 2021. Nurmilasari terpilih sebagai Putri Pariwisata Kabupaten Barito Kuala 2021 yang mewakili ke tingkat provinsi Kalimantan Selatan. Gadis berusia 20 tahun yang kerap di panggil “Mila” ini merupakan alumni Diang Barito Kuala 2018.

Tahun 2021 ini merupakan kali pertama Disporbudpar Kabupaten Barito Kuala mengikuti kegiatan Pemilihan Putri Pariwisata Kalimantan Selatan. Kegiatan ini telah direstui oleh Bupati Barito Kuala Ibu Hj. Noormiliyani. A.S. Beliau berharap Putri Pariwisata Barito Kuala bisa berhasil dalam Pemilihan Putri Pariwisata Kalimantan Selatan dan bisa menjadi promotor wisata Kabupaten Barito Kuala ke luar daerah.

Persiapan demi persiapan telah dilakukan, dari pembekalan materi, latihan penampilan bakat, persiapan kostum, fotoshoot, videoshoot dan training make up untuk menunjang serta meningkatkan kemampuan dalam mengikuti kegiatan tersebut. Nurmilasari telah mendapatkan pembekalan langsung tentang pengembangan industri kreatif kerajinan purun tikus khas Desa Parimata Kecamatan Belawang oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Barito Kuala ibu Hj. Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor. Beliau berharap Putri Pariwisata Barhito Kuala juga mampu mengenalkan produk lokal sebagai ekonomi kreatif yang bisa menghasilkan untuk masyarakat.

Selain itu “Mila” juga telah mendapatkan pembekalan tentang fashion dari Sixwimanagement dan latihan penampilan bakat dari Sanggar Permata Ije Jela untuk menunjang penampilannya. Dalam persiapannya juga telah diadakan Sesi Fotoshoot untuk beberapa outfit dan juga sesi pembuatan video promosi wisata. Ekowisata Pulau Curiak dipilih sebagai destinasi wisata yang akan dipromosikan. Keunikan hutan mangrove dan eksotisme Bekantan di pulau ini menjadi poin utama untuk dipresentasikan pada malam Grand Final Pemilihan Putri Pariwisata Kalimantan Selatan 2021.

Pada hari minggu 13 Juni 2021 telah diadakan Technical Meeting Pemilihan Putri Pariwisata Kalimantan Selatan 2021 di Swissbell Hotel Banjarmasin. Dalam acara ini telah dibahas tentang ketentuan dan aturan teknis pelaksanaan kegiatan Karantina Terbuka dan Tertutup serta pelaksanaan Grand Final Pemilihan Putri Pariwisata Kalimantan Selatan 2021. Karantina terbuka dilaksanakan tanggal 19 s.d. 21 Juni 2021. Dalam pelaksanaannya para finalis Putri Pariwisata Kalimantan Selatan 2021 mengikuti berbagai kegiatan kunjungan seperti wisata susur sungai dan berkunjung ke Pasar Terapung Lok Baintan, dilanjutkan ke Banjarmasin Post dan Harfit Fitnes. Dihari kedua karantina terbuka mereka juga berkunjung ke Amanah Borneo Park di Banjarbaru. Di sini para finalis melakukan sesi fotoshoot challenge dan “Mila” berhasil memenangkannya. Pada hari ketiga karantina terbuka diadakan sesi fotoshoot evening gown di Ballroom Swissbell Hotel Banjarmasin bersama D’Jingga Fotografi.

Memasuki tahapan utama dalam pemilihan ini yaitu Karantina Tertutup  yang dilaksanakan tanggal 24 s.d. 27 Juni 2021 di Swissbell Hotel Banjarmasin.  Dalam tahapan ini semua finalis mendapatkan pembekalan tertutup dari beberapa narasumber yaitu pembekalan tentang kebudayaan dari budayawan, pembekalan pariwisata dari Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, pembekalan dari Putra Pariwisata Nusantara 2021 serta beauty class dari Inez Cosmetic dan Utary Premium Eye Lash. Di hari kedua para finalis melewati tahapan interview dengan dewan juri untuk menggali potensi semua finalis. Kemudian di malam harinya diadakan tes penampilan bakat finalis dan Nurmilasari membawakan tari “Batuyang” karya Sanggar Permata Ije Jela. Di hari ketiga the putries mendapat pembekalan tentang catwalk dan gladi penampilan grand final.

Pada malam harinya diadakan Grand Final Pemilihan Putri Pariwisata Kalimantan selatan Tahun 2021 di Area Swimming Fool Swissbell Hotel Banjarmasin. Acara di hadiri dan dibuka secara resmi oleh Pejabat Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Dalam kesempatan ini juga Plt. Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Barito Kuala Bapak Bapak H. Wahyudi, S.H., M.H. berhadir untuk memberikan dukungan kepada Putri Pariwisata Kabupaten Barito Kuala. Diawali dengan opening number seluruh finalis dengan balutan busana kebaya dan kain sasirangan. Kemudian finalis melakukan sesi presentasi wisata daerah. Nurmilasari mempromosikan ekowisata pulau curiak dengan pesona hutan mangrove dan bekantan. Kemudian diumumkan Top 6 dan Nurmilasari berhasil masuk dalam jajaran 6 besar yang selanjutnya akan menerima pertanyaan langsung dari dewan juri.

Perjuangan Mila terhenti di 6 besar dan tidak bisa lanjut ke Top 3. Namun saat pengumuman juara atribut, Putri Pariwisata Kabupaten Barito Kuala ini di nobatkan sebagai Putri Pariwisata Kalsel Favorit Tahun 2021 dan berhak mendapatkan hadiah Uang Pembinaan Sebesar Rp. 10 Juta dan hadiah lainnya. Prestasi ini cukup membanggakan untuk Kabupaten Barito Kuala yang untuk pertama kalinya mengikuti ajang ini. Semoga di tahun mendatang dapat lebih ditingkatkan lagi.

(odie)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *