GELARAN POPDA 2021, CABOR DAYUNG SUMBANG 4 EMAS

Cabang olahraga dayung Popda Kalimantan Selatan baru saja selesai. Dari 11 nomor yang dipertandingkan, Batola berhasil raih 4 emas 4 perak dan 2 perunggu, Kamis (16/7). Raihan ini menurun sejatinya dari hasil dayung Popda Kalsel 2019. Pada Popda 2 tahun lalu Batola berjaya di cabang dayung dengan menyapu bersih emas dari 6 nomor yang dipertandingkan.

Tahun ini tim Bumi Bahalap harus puas diposisi kedua dengan Banjarmasin yang unggul tipis sebagai juara umum cabor dayung. Pelatih tim dayung Batola Sabri mengungkapkan Batola sebenarnya bisa keluar menjadi juara umum jika tidak ada insiden pada nomor 1 putri 1000m dimna atlit dayung Batola bertabrakan dengan atlit dari Banjarmasin sehingga mendapat sanksi dan turun menjadi peringkat 2.”Cukup disesalkan insiden ini terjadi, kita sudah layangkan protes semoga ada tanggapan dari panitia, ” ungkap Sabri.

Selain itu, adanya nomor perlombaan baru pada cabang olahraga dayung yakni ergometer menjadi hantaman tersendiri bagi atlit Batola yang sudah berlatih keras setiap hari. “Ada nomor baru yakni ergometer, dimana dayung menggunakan mesin yang kita Batola belum memiliki alatnya. Dinomor ini kita kesulitan bersaing karena para atlit belum terbiasa, ” tambah Sabri.

Hal senada diutarakan Ahmad Rijali Hadi Kasi bina olahraga Disporbudpar Batola. Adanya cabang baru mesin ergometer membuat Banjarmasin bisa unggul. “Ini menjadi catatan dan evaluasi kita tersendiri. Hadirnya nomor baru ini perlu menjadi perhatian khusus bagi kita, menginhat dayung adalah cabang unggulan Batola, ” tambah Rijali.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Batola melalu Humas Koni Hery Sasmita menyampaikan ucapan selamat atas raihan atlit dayung Batola ini. “Kita ucapkan selamat atas raihan atlit dayung kita. Semoga protes yang kita layangkan bisa menambah satu emas lagi bagi Batola, ” ungkap Hery yang juga ketua KNPI Batola ini.

Hery juga menyampaikan sampai 15 Juli pukul 20.00 Batola telah meraih 7 emas, 10 perak dan 17 perunggu. Dengan cabang olahraga antara lain ;Dayung 4 Emas, 4 Perak, 2 perunggu; Karate 2 perunggu; Renang 1 Perak , 2 Perunggu; Kempo 2 Perak, 5 Perunggu; Tinju 1 Perak 2 Perunggu; Gulat 3 emas; Judo 2 perak 4 perunggu.

Aulia Noor atlit dayung Batola yang ikut menyumbang emas di nomor 4 dayung putri 1000m dan 2 dayung putri 1000m mengaku cukup puas dengan raihan ini. Mengingat dirinya bersama teman2 atlit dayung lainnya telah berlatih selama satu bulan penuh dengan istirahat hanya pada jum’at pagi dan minggu sore. “Terlepas dari insiden yang ada kami cukup senang bisa ikut menyumbangkan 2 emas bagi Batola, ” ungkap siswi SMAN 1 Marabahan ini.

(Prokopimda Batola)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *